Malang, 02 Maret 2024 – Tim Poltekad Kodiklatad mengirimkan tim untuk mengikuti event International. 


Tim pertama 

adalah Sertu Citra Hudayana dan Sertu R.H. Eka Anggara dari prodi Elektronika Sistem senjata mengikuti event Indonesian Youth Excursion Network: Digital Innovation di International Youth Centre Kuala Lumpur Malaysia yang diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 16–19 Januari 2024.


Tim tersebut meraih 5 nominasi yaitu : 1st Best Video Innovation, 1st Best Project Innovation, Best Delegate dan Best Team, Serta 3rd Best Presentation. 


Tim mendesain Alat yang berbasis Arduino yang disebut \"Smoke Detector for Wildfire\" untuk mendeteksi asap, inovasi ini juga bermaksud untuk mendukung program SDGs (Sustainable Development Goals)


Tim ke dua beranggotakan mahasiswa dari Prodi Otomotif Kendaraan tempur, yaitu Sertu M. Ilma, Sertu Achmad Saiful, Serda Chandra Surya Dikara, Serda Andi Dwi Setiawan dan Sertu Fajar Imani R, mengikuti Kompetisi Youth International Science Fair (YISF) pada 28 Februari s.d 02 Maret 2024 di Malang yang merupakan ajang adu karya para peneliti muda dan diikuti oleh 16 Negara (90 Tim luring dan 305 tim daring).


Tim tersebut Memperoleh 3 nominasi yaitu : Gold medal Innovation Science Category in YISF, Best Booth in YISF dan The Best Innovation and Recognition of Outstanding Dedication and Comitment from Malaysia Innovation Invention Creativity Association (MIICA)


Dalam kompetisi ini, tim merancang Robot Unmanned Automatic Vehicle (UAV) dan Remote Control Weapon System (RCWS) yang diintegrasikan pada robot UAV berbasis Internet of Things (IOT). Robot ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah prajurit menjalankan tugas dan mengurangi korban prajurit di wilayah pertempuran perkotaan.


Keikutsertaan Poltekad menunjukan bahwa kemampuan dan kualitas Bintara Mahasiswa Poltekad Kodiklatad diakui dikancah international dan membawa nama harum Prajurit TNI Angkatan Darat di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.


(Penerangan Kodiklatad)

(Penerangan Kodiklatad)