Bandung. Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi yg berisi prinsip-prinsip fundamental pembinaan TNI AD sebagai ajaran yang diyakini kebenarannya berkedudukan pada Strata Strategis guna dijadikan pedoman dan rujukan bagi penyusunan doktrin pada strata operasional dan taktis. Adapun Latar belakang dilaksanakannya Revisi Doktrin TNI AD KEP kali ini, diantaranya terjadinya pergeseran paradigma internasional yg menjadi ancaman bagi kedaulatan NKRI serta  stabilitas pertahanan dan keamanan nasional, juga adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat sehingga menuntut adanya modernisasi Alutsista dan pengembangan pengetahuan dan skill sumber daya prajurit yang mengawaki, juga adanya kebijakan pimpinan TNI AD dalam pengembangan Organisasi TNI AD guna wujudkan institusi TNI AD sebagai organisasi pembelajaran (learning organisation) sehingga kedepan institusi TNI AD semakin Profesional, Modern, dan Adaptif. 


Sedianya sosialisasi doktrin ini akan dipimpin oleh Dankodiklatad, namun pada saat yang bersamaan Dankodiklat juga harus menghadiri kegiatan evaluasi latihan bersama Garuda Shield di Jakarta, maka Wakil Komandan Kodiklatad, Mayjen TNI Kasuri memimpin acara Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi di Aula Moch. Toha Kodiklatad. Jumat (10/9/2021). 


Dalam sambutan Wadan Kodiklatad menyampaikan bahwa "Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi dilaksanakan untuk memberikan penjelasan secara cermat tentang beberapa hal yang direvisi dalam doktrin ini, seperti adanya perubahan fungsi utama TNI AD dan bagaimana perubahan pembinaan kemampuan TNI AD khususnya kemampuan tempur yang dalam doktrin kali ini lebih menekankan pembinaan kemampuan elemen daya tempur agar dapat lebih dielaborasi oleh para pembina teknis dalam penyusunan doktrin di strata operasional dan taktis, dengan tetap mengacu kepada teori dan pengalaman serta sejarah lahirnya TNI AD dan nilai-nilai kejuangan yang diwariskan para pendahulu untuk dapat dijadikan sebagai lesson learned ”, ucapnya. 


Bertindak sebagai pemapar dalam acara ini adalah Direktur Doktrin Kodiklatad, Brigjen TNI Agustinus Purboyo, yang dalam paparannya menyampaikan tentang pentingnya memahami doktrin bagi seluruh prajurit TNI AD khususnya pada unsur pimpinan karena bermanfaat serta dapat dioperasionalkan atau tidaknya doktrin yang diterbitkan sangat bergantung pada kemampuan pengambilan keputusan yang efektif dari seorang pemimpin.