Bandung. Dalam rangka menyelaraskan kurikulum pendidikan TNI AD yang relevan dengan standar pendidikan nasional, Wakil Komandan Kodiklatad, Mayjen TNI Kasuri memimpin Rapat Pokja Penyusunan/Revisi Kurikulum Pendidikan Seskoad, Akmil, Diktukpa, Poltekad dan STHM Berbasis SKS TA 2022 di ruang Rapat Ganesha Makodiklatad. Senin (10/1/2022)


Dalam sambutan Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. yang dibacakan oleh Wakil Komandan disampaikan bahwa, kegiatan pokja penyusunan/revisi kurikulum pendidikan berbasis SKS ini dilatarbelakangi adanya kebijakan pimpinan Angkatan Darat sesuai Surat Telegram Kasad Nomor ST/3516/XII/2021 tanggal 30 Desember 2021 tentang perintah penyusunan/revisi Kurdik Seskoad, Akmil, Diktukpa, Dik Iptek Poltekad dan STHM dengan kompetensi lulusan hasil didik yang berstandar nasional yang memenuhi kaidah-kaidah yang telah ditentukan oleh Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.


Konsep kurikulum standar nasional dipaparkan oleh masing-masing Tim Pokja Seskoad, Akmil, Secapaad, Poltekad dan STHM dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Diharapkan setelah melalui beberapa kali paparan dan diskusi akan diperoleh suatu konsep kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan standarisasi pendidikan militer yang selaras dengan sistem pendidikan nasional.


Di akhir acara, pimpinan acara menyampaikan bahwa kurikulum yang sedang disusun merupakan respon terhadap kompetensi yang dibutuhkan oleh Prajurit sesuai dengan standarisasi sistem pendidikan nasional. Dengan adanya standarisasi kurikulum, pendidikan di lingkungan TNI AD yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional ke depannya diharapkan lulusan pendidikan ini dapat menyandang gelar sarjana terapan di bidang Pertahanan.

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *