Bandung. Sinergitas TNI – Polri dalam bidang pertahanan, keamanan dan ketertiban masyarakat mutlak diperlukan dalam penugasan sehari-hari di lapangan. Maka dari itu keharmonisan hubungan di antara dua institusi tersebut perlu dipupuk dari lingkungan pendidikan sebelum para siswa menjalankan tugasnya di berbagai daerah di Indonesia. Danpusdikif Pussenif Kodiklatad, Brigjen TNI Tatan Ardianto, S.I.P., mewakili Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. membuka kegiatan Kolaborasi Pendidikan Terintegrasi antara siswa Diklapa II Kecabangan TNI AD dan Siswa Sespimma Polri di Aula Yudha Wastu Pramuka Pusdikif Pussenif Kodiklatad. Senin (18/10/2021)


Kegiatan Kolaborasi Pendidikan terintegrasi antara siswa Diklapa II Kecabangan TNI AD dan Siswa Sespimma Polri akan dilaksanakan dari tanggal 18 s.d. 25 Oktober 2021 dengan berbagai macam aktivitas bersama yang diharapkan akan menumbuhkan sinergitas antara TNI AD dan Polri di antaranya pembentukan keluarga asuh, olah raga bersama, psikologi lapangan, widya alutsista, wisata budaya dan bakti sosial. Selain 253 siswa Diklapa II Kecabangan TNI AD dan 50 siswa Sespimma Polri yang melaksanakan aktivitas di Pusdikif Pussenif Kodiklatad, secara bersamaan dilaksanakan juga kegiatan serupa di Sespimma Polri yang diikuti oleh 50 siswa Diklapa II Kecabangan TNI AD dan 50 orang siswa Sespimma Polri.


Dalam sambutan Dankodiklatad yang dibacakan oleh Danpusdikif Pussenif Kodiklatad, pertama-tama disampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh siswa Diklapa II Kecabangan TNI AD dan siswa Sespimma Polri di Pusdikif Pussenif Kodiklatad. Selanjutnya, disampaikan bahwa kegiatan integrasi ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama antara TNI AD dan Polri di bidang pendidikan oleh Aspers Kasad dan Kalemdiklat Polri yang saat itu disaksikan langsung oleh Kasad pada tanggal 08 Oktober 2021. “Diharapkan pendidikan terintegrasi ini dapat menjaga sinergitas dan soliditas TNI-Polri di lapangan sebab kualitas sinergi ini akan berdampak pada situasi keamanan dan ketertiban masyarakat”, ucapnya.


Kegiatan yang dibuka hari ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan Kolaborasi Pendidikan terintegrasi TA. 2021 yang akan diikuti oleh Lembaga Pendidikan TNI AD & Polri di seluruh wilayah Indonesia. Sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya pendidikan integrasi antara siswa Dikmaba Kowad & Diktukba Polwan serta siswa Dikmaba TNI AD Pria dan Diktukba Polri di masing-masing Rindam/SPN yang ada di seluruh wilayah Indonesia.