Bandung. “Jika anda tidak dapat melakukan hal-hal besar, lakukanlah hal-hal kecil dengan cara yang hebat” ini adalah sebuah pesan dari Letkol Arh Kusnadi, S.T., M.T., yang saat ini berdinas di Sdirdik Kodiklatad. Prajurit lulusan Secaba Militer Sukarela V/Tahun 1986 dan Secapa AD tahun 1997 ini baru saja menorehkan prestasi, membawa nama Kodiklatad dalam kejuaraan lomba karya tulis ilmiah tingkat TNI AD dimana beliau mendapatkan prestasi sebagai Juara Harapan 1. Sabtu (23/7/2021).



 

Dalam sesi wawancara tim liput Penerangan Kodiklatad diketahui bahwa Letkol Arh Kusnadi, S.T., M.T. sebelumnya telah menerima sejumlah penghargaan atas prestasi-prestasi yang diraihnya di bidang karya tulis Ilmiah tingkat TNI. Beberapa penghargaan atas prestasi yang pernah beliau capai di antaranya:



 

1.         Tahun 2017. Juara 3 Karya Tulis Ilmiah Tingkat TNI dengan judul: Pembuatan Nitrocelulose Dari Kapas Sebagai Bahan Dasar Propelan Melalui Reaksi Solubilitas.

2.         Tahun 2018. Juara 3 Karya Tulis Ilmiah Tingkat TNI dengan judul: Analisis Desain Unclading Ammunition Pada Munisi Kaliber Kecil Dengan Menggunakan Laras Licin.

3.         Tahun 2019. Juara 2 Karya Tulis Ilmiah Tingkat TNI dengan judul: Analisis Rancang Bangun Silencer Omega Buffle Pada Senjata Senapan Serbu Kaliber 5,56 mm Sebagai Penetrasi Pertempuran Kota.

4.         Tahun 2021. Juara Harapan 1 Karya Tulis Ilmiah Tingkat TNI AD dengan judul: Pemanfaatan Aplikasi I Target Sebagai Substitusi Sistem dan Metode Latihan Bidik Kering Pada Pistol 9 mm Secara Real Time. (Karya tulis ini akan dilanjutkan ke perlombaan karya tulis ilmiah tingkat TNI pada bulan Agustus 2021).



 

Sosok ayah dari dua orang anak ini memang memiliki keahlian dan spesialisasi di bidang penelitian dan pengembangan militer. Karya-karyanya telah menginspirasi banyak generasi muda TNI AD khususnya saat beliau menjadi tenaga pendidik di Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) dan sebagai Instruktur di PT Pindad untuk Kursus Munisi, Bahan Peledak dan Pyroteknik serta Kursus Vuurwerker. Bukan hanya itu, hasil-hasil penelitiannya pun cukup diperhitungkan di lingkungan TNI sebagai salah satu karya anak bangsa yang menjadi pelopor kemandirian dalam industri pertahanan Indonesia.

 

Kemampuan yang dimiliki oleh beliau sangat didukung dengan studi akademik yang dilaksanakan di beberapa lembaga pendidikan militer maupun sipil. Beberapa pendidikan keahlian yang pernah beliau ikuti di antaranya Electronic Mathematic Physic Course, Electronic Basic Course, Hidraulic Optical Repair Equipment Course dan beberapa pendidikan litbang dan keguruan baik di tingkat Kemenhan maupun TNI. Selain itu beliau juga memiliki beberapa gelar akademik yang didapatkan dari beberapa perguruan tinggi seperti D3 dari Institut Teknologi TNI AD, S1 dari Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut dan beliau juga merupakan lulusan S2 Teknik Manajemen Industri predikat Cumlaude dari Universitas Brawijaya.

 

Dengan semboyan “Semangat yang luar biasa akan mengalahkan rasa lelah yang menyiksa”, Letkol Arh Kusnadi, S.T., M.T. akan terus berkarya demi kemajuan organisasi serta bangsa dan negara. Semoga semakin banyak generasi penerus TNI AD berprestasi yang bukan hanya mengharumkan nama institusi namun juga mejadi inisiator dari kemandirian industri pertahanan dalam mendukung modernisasi alutsista TNI sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme militer.

 

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *