Bandung. Setelah 3 hari melaksanakan rapat perencanaan latihan bersama “Garuda Shield-15/2021”, Tim Final Planning Conference (FPC) melaksanakan malam akrab bersama Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. di Ganesha Café. Kamis (10/6/2021).


Acara yang dilaksanakan satu hari sebelum penutupan FPC ini diawali dengan perjalanan menggunakan bis Robur buatan tahun 1958, bergerak dari hotel Hilton Bandung menuju Ganesha Café. Selama perjalanan Tim delegasi US Army mendapatkan penjelasan singkat tentang sejarah bis robur klasik yang dulunya pernah dipakai utk antar jemput para taruna AKABRI DARAT di Magelang Jateng, bus tersebut direstorasi sedemikian rupa oleh Dankodiklatad menjadi bis keluarga bahkan pada bagian interior ada beberapa photo pentahapan restorasi bis tersebut serta dilengkapi dengan LCD, AC & mini bar.


Saat menuju lantai atas Ganesha Cafe, mereka melalui beberapa outlet di lantai dasar diantaranya outlet merchandise Tactical 5.11, kacamata Rudy Project, sepeda sport NCC & batik Olla on Etnic, yang semuanya untuk kalangan tua, muda & berbagai komunitas.


Suasana keakraban terlihat dengan sajian makanan beberapa hidangan khas Indonesia sambil menyaksikan video dokumentasi Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha TA. 2020 di Puslatpur Kodiklatad Baturaja, dokumentasi hasil peninjauan kesiapan daerah latihan di 3 wilayah (Makalisung, Manado, Amborawang, Balikpapan & Puslatpur Baturaja) yang saat itu dihadiri langsung oleh Deputy Commanding General USARPAC, Maj Gen Jonathan P. Braga saat ini dan Maj Gen Jhonson beberapa bulan sebelumnya. 

Dalam sambutannya Dankodiklatad berharap agar latihan ini akan mewujudkan sebuah persahabatan yang abadi dan latihan akan terus berkembang dengan melibatkan negara negara sahabat serta dimasukkan kegiatan latihan yang menyentuh kalangan masyarakat sekitar daerah latihan, misalnya bentuk latihan Civil Military Coordination (CIMIC). 

Di akhir acara, Dankodiklatad memberikan secara simbolis jersey Garuda Shield - 15/2021 kepada ketua delegasi US Army yaitu Colonel Ian Francis, merupakan Kepala Kantor Kerja Sama Pertahanan Kedutaan Amerika Serikat. 

Jersey tersebut didesain khusus oleh Dankodiklatad selanjutnya akan dibagikan kepada seluruh delegasi baik prajurit TNI AD maupun US Army. 

Turut hadir Waaalat Kasad Bid Kermamil, Brigjen TNI Handoyo, Wadan Kodiklatad, Inspektur, para Direktur Kodiklatad serta peserta FPC lainnya.

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *