Jakarta. Penyelenggaraan latihan bersama dengan US Army yang melibatkan ribuan personel dan perlengkapannya di tiga daerah latihan yang berbeda memerlukan persiapan yang matang dan terencana serta dilaporkan kepada pimpinan Angkatan Darat. Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. sebagai Komandan Latihan Bersama Garuda Shield-15/2021 melaporkan kesiapan penyelenggaraan Latma Garuda Shield-15/2021 kepada Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa di Aula AH. Nasution Mabesad. Kamis (15/07/2021).



 

Acara diawali dengan pengantar dari Dankodiklatad mengenai hal-hal menonjol yang muncul di tengah-tengah tahap perencanaan dan persiapan Latma Garuda Shield-15/2021. Di antaranya adalah perubahan jarak penerjunan Garuda Airborne, hasil rapat dengan personel Dispenad dan Production House yang akan mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan Latma, kondisi infrastruktur khususnya jembatan yang akan digunakan dalam kegiatan pergeseran pasukan dan alat perlengkapan, kondisi terkini pembangunan 10 barak di Puslatpur Kodiklatad yang merupakan bantuan dari Kasad dan yang terakhir adalah rencana kedatangan Commanding General USARPAC, General Charles A. Flynn untuk menghadiri upacara pembukaan Latma Garuda Shield.



 

Pointers Dankodiklatad tersebut dilanjutkan dengan paparan Kesiapan Latma Garuda Shield-15/2021 yang disampaikan oleh Dirlat Kodiklatad, Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han). Dalam paparannya Dirlat Kodiklatad menjelaskan timeline kegiatan mulai dari kedatangan tim aju dari Amerika Serikat, kedatangan personel dan perlengkapan milik US Army, serpas peserta latihan, rencana upacara pembukaan, pelaksanaan latihan di tiga wilayah hingga rencana upacara penutupan dan serpas TNI AD & US Army kembali ke home base masing-masing.

 

Latma Garuda Shield-15/2021 akan diselenggarakan secara serentak di Puslatpur Kodiklatad-Baturaja, Amborawang-Balikpapan dan Makalisung-Manado selama 14 hari yaitu dari tanggal 1 s.d. 14 Agustus 2021. Kegiatan latma di Puslatpur Kodiklatad-Baturaja akan didahului dengan penerjunan malam gabungan dalam bentuk materi JCET (Joint Combine Exchange Training) oleh sejumlah 59 orang prajurit pasukan khusus yang dilanjutkan dengan penerjunan (airborne) oleh 770 prajurit yang diterbangkan dari Ghuam menuju Drop Zone di Puslatpur Kodiklatad-Baturaja dengan menggunakan 10 unit pesawat angkut C-17 Globemaster. Setelah pasukan lintas udara mendarat akan dilanjutkan dengan materi serangan perkotaan dan beberapa jenis latihan seperti Air Assault, Medical Exercise, Live Fire Exercise dan Staff Exercise. Pada periode waktu yang sama di daerah latihan Amborawang-Balikpapan latma akan didahului dengan Beach Landing menggunakan Landing Craft Utility milik US Army dan ADRI XLV milik TNI AD di pantai Amborawang yang dilanjutkan dengan pertempuran di beberapa sasaran. Sementara di Makalisung-Manado akan dilaksanakan latihan pertempuran pada beberapa sasaran dengan kombinasi pasukan dari kedua negara.

 

Dalam paparan tersebut Dirlat Kodiklatad juga melaporkan dukungan yang sudah diberikan oleh Kapuskesad, Kapushubad, Kapusziad, dan Kapusbekangad dalam rangka tahap persiapan Latma Garuda Shield-15/2021.

 

Menanggapi rangkaian paparan tersebut Kasad mengucapkan terimakasih atas perencanaan dan persiapan yang sudah dilakukan dan dilaporkan. Selanjutnya agar pembagian tugas dilaksanakan secara seksama dan khususnya proses perakitan pesawat helikopter milik US Army di Pelabuhan Panjang, Lampung dijaga ketat guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya Kasad menekankan pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan dari mulai proses kedatangan pasukan US Army hingga pada saat penyelenggaraan latihan bersama dan proses kembalinya.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakasad, Irjenad, Koorsahli Kasad, Pangkostrad, Danpuspomad, Para Asisten Kasad, para Kabalakpus TNI AD, Athan dan Kepala Kantor Kerja Sama Pertahanan Amerika Serikat serta beberapa perwakilan dari perusahaan BUMN dan Non-BUMN yang akan terlibat mendukung kesuksesan dan kelancaran Latma Garuda Shield-15/2021.

 

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *