Bandung. Akademi militer (Akmil) adalah lembaga pendidikan yang memiliki tujuan membentuk Perwira Pertama yang semapta, memiliki jiwa sapta marga, dan kemampuan Akademik yang baik dengan kualifikasi akademik D4. Kurikulum Pendidikan Akmil termasuk Kurikulum Pendidikan Vokasi yang merupakan kurikulum pendidikan tinggi dan diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu.


Hal ini disampaikan oleh Komandan Kodiklat TNI AD dalam Rapat Pembahasan Kurilkulum Pendidikan (Kurdik)  Akmil TA 2021 di Ruang Ganesha, Jl. Aceh No. 50 Bandung.  Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut Komandan Kodiklatad berharap agar Kurikulum Pendidikan Akmil dapat beradaptasi terhadap perubahan doktrin, Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini, sehingga Kurikulum tersebut dapat menghasilkan lulusan Perwira Akmil yang mampu menjawab tantangan tugas di masa mendatang.


“Kurikulum Pendidikan Akmil harus mewadahi mata kuliah wajib dari perguruan tinggi dan mata kuliah bidang kemiliteran sesuai kecabangan”, ujar Komandan.   Oleh karena itu output dari lulusan Akmil adalah postur Perwira yang handal dengan memiliki sikap dan perilaku, pengetahuan dan keterampilan sesuai kecabangannya serta memiliki kondisi jasmani yang samapta dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan/S.Tr. (Han).

Sementara itu Aspers Kasad Mayjen TNI Mulyo Aji. M.A., menyampaikan bahwa kemampuan seseorang tidak akan tercapai dalam satu hari karena untuk memiliki kemampuan ada proses-proses tertentu dan untuk mencetak Prajurit yang hebat harus dipersiapkan dengan baik, sehingga pada saatnya nanti akan keluar prajurit-prajurit yang profesional dan berkarakter.

Dengan adanya perubahan Kurikulum Akmil ini, nantinya akan muncul pemimpin yang berkualitas dalam mengendalikan roda organisasi dengan tambahan kemampuan lainnya, ujarnya.

Sedangkan Dirdik Akmil, Brigjen TNI Yudi Yulisiyanto, M.A., menyampaikan paparan konsep revisi kurdik tentang jam pelajaran yang diberikan di Akmil dan hasil Perbandingan Kurdik Akmil Hasil Revisi Parsiil 2020 -TA 2021 serta diakhir paparan berharap agar Pimpinan TNI AD dapat mengesahkan hasil revisi Parsiil Kurdik Akmil tahun 2020 sebagai dasar Operasional pendidikan Taruna Akmil TP 2020/2021 ujar Dirdik Akmil.

Hadir dalam acara tersebut, Danpussenif,Danpuspomad, Gubernur Akmil, para Danpussen jajaran Kodiklatad, Dansecapaad, Aspers Kasad, Dirajenad, Dirdik Seskoad, Kapusziad, Kapusbekang, Waaspers Kasad, Dirdik Kodiklat, Dirdik Akmil, Dirdik Pussenif, Dirbin Puspomad, para Dirbin Pussen jajaran Kodiklatad, Dirbin Pusziad, Dirbin Secapaad, Dirbinbekangad, dan tim Pokja serta undangan lainnya.

(Penerangan Kodiklat TNI AD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *