Bandung. Reformasi Birokrasi merupakan suatu langkah menerapkan birokrasi yang bersih dan akuntabel sehingga meningkatkan efisiensi dan efektifitas pemerintahan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Sebagai bagian dari Pembangunan ZI dan PMPRB internal, Direktur Perencanaan Kodiklatad Brigjen TNI R. Edi Setiawan memimpin kegiatan internalisasi pembangunan Zona Integritas dan Reviu Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi TA. 2021 di Ruang Rapat Ganesha 3 Makodiklatad. Selasa (14/9/2021).



 

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 sudah dilaksanakan hampir pada seluruh instansi pusat dan sebagian pemerintah daerah termasuk di Kodiklatad. Seluruh satker di lingkungan TNI AD setiap tahunnya disiapkan untuk mengikuti penilaian RB yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB guna memperoleh peredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).



 

Dalam sambutannya, Dirren menyampaikan bahwa penilaian terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi ini dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian PAN-RB di setiap Instansi Pemerintah termasuk TNI AD. Adapun hasil dari penilaian tersebut akan menjadi bagian penting dalam menentukan kesejahteraan prajurit. “Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada seluruh peserta sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam hal Reformasi Birokrasi untuk kemudian disosialisasikan ke satuan jajaran sampai di tingkat bawah sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi di lingkungan TNI AD”, ujarnya.



 

Selaku Ketua Tim Reviu PMPRB Kolonel Arh Syaeful Mukti Ginanjar, S.I.P. dari Staf Perencanaan AD juga membacakan amanat dari Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.SI. yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah progresif yang sangat baik dan harus kita manfaatkan dengan maksimal. Para Tim Asesor dapat menggali lebih dalam tentang implementasi Reformasi Birokrasi di satuannya serta memberi saran dan masukan dalam merancang langkah-langkah pencapaian sasaran Reformasi Birokrasi TNI AD untuk kemudian diaplikasikan disatuan jajarannya.

 

Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dan pada esok hari akan dilaksanakan Reviu PMPRB dengan menghadirkan perwakilan Prajurit maupun PNS dari masing-masing bagian. Turut hadir anggota tim PMPRB dari Srenaad, para Danpusdik jajaran Kodiklatad, Irutum It, Irdyaum It, para Paban Sdirum, Pamen Ahli, Dandenma, para Pabandya Sdirum Kodiklatad serta Ketua bidang pelaksana Reformasi Birokrasi Kodiklatad.

 

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *