Bandung. Demi menegakkan supremasi hukum di lingkungan TNI AD serta guna mendapatkan kepastian hukum bagi para pelaku tindak pidana di jajaran Kodiklatad, Direktur Umum Kodiklatad Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M. memimpin Acara Percepatan Sidang Perkara Pidana Satuan Jajaran Kodiklatad di Gedung Moch Toha Makodiklatad, Senin (18/10/2021)


Sidang percepatan penyelesaian perkara pidana ini selain dalam rangka penegakan hukum dan kepastian hukum, juga merupakan bentuk komitmen dan konsistensi Kodiklatad memerangi terhadap segala bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh Prajurit di jajaran Kodiklatad.


Bertindak sebagai Hakim Ketua, Kolonel Chk Masykur S.T., S.H., M.H. dengan agenda sidang yang meliputi pemeriksaan terhadap terdakwa, pemeriksaan saksi-saksi dan barang bukti sampai dengan putusan pengadilan. Sidang percepatan ini pun dihadiri oleh sejumlah saksi dan diharapkan ke depannya para Prajurit Kodiklatad dapat menghindari pelanggaran dalam bentuk apapun.


Percepatan sidang perkara ini akan menyelesaikan perkara yang berada di wilayah hukum Dilmil II-09 Bandung, yang akan menyelesaikan perkara personel jajaran Kodiklatad sebanyak 14 personel yang terdiri dari 10 perkara penganiayaan, 1 perkara pornografi dan 3 perkara desersi.

Sidang percepatan perkara yang akan dilaksanakan selama 3 hari ini merupakan bukti nyata bahwa tidak ada satupun anggota TNI dan PNS yang kebal hukum, setiap yang melanggar dan terbukti bersalah akan dikenakan hukuman baik ringan maupun berat. Penindakan terhadap prajurit yang telah melakukan pelanggaran sebagai bukti nyata dan komitmen tegas seorang pimpinan dalam menindak setiap bentuk pelanggaran.

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *