Bandung. Pelanggaran Hukum Disiplin merupakan pengingkaran atas janji terhadap Sumpah Prajurit maupun Sapta Marga. Pada hari ini Dandenma Kodiklat TNI AD, Kolonel Inf Iswanto, S.Ag. selaku atasan yang berhak menghukum (Ankum) memimpin jalannya Sidang Disiplin salah satu personel Kodiklat TNI AD di Gedung M.Toha Makodiklat TNI AD, Senin (22/2/2021).


Acara diawali dengan pernyataan pembukaan sidang dengan mengetukkan palu sebanyak 3 kali dilanjutkan dengan pemeriksaan identitas pelaku pelanggaran disiplin, pembacaan keputusan Hukuman Disiplin dan dilanjutkan dengan pengarahan kepada terhukum oleh Ankum. Dalam pengarahannya Ankum menyampaikan  kepada terhukum untuk tidak mengulangi lagi pelanggararan Hukum Disiplin, karena apabila Terhukum telah dijatuhi 4 kali Hukuman Disiplin dalam pangkat yang sama, maka Terhukum dapat diberhentikan dengan Tidak Hormat dalam Keprajuritan. “ujarnya. Selaku Atasan yang berhak menghukum juga mengingatkan kepada Terhukum, untuk selalu ingat pada Kode Etik Prajurit yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta taat kepada Hukum, Tata terib yang berlaku dan peraturan Disiplin Keprajuritan. 


Acara berlangsung dengan aman dan lancar serta yang hadir untuk menyaksikan jalannya Sidang, perwakilan Perwira dan Bintara dari masing-masing Staf Makodiklat TNI AD, 2 orang Provost Denma serta personel dari staf Pamops Denma Kodikat TNI AD. 

(Penerangan Kodiklat TNI AD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *