Bandung. Kegiatan Current Audit sebagai salah satu  bentuk pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran yang sedang berjalan yang merupakan tugas dan fungsi Aparat Pengawasan Internal Pemerintahan (APIP) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan. Dalam rangka penyampaian hasil current audit yang telah dilaksanakan oleh Tim itjenad, Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Kasuri yang mewakili Komandan Kodiklatad Letjen TNI A.M. Putranto S.Sos. mendampingi Irjenad, Letjen TNI Benny Susianto dalam Acara Taklimat Akhir Current Audit Itjenad TA. 2021 di Ruang Ganesha 3 Makodiklatad. Senin (13/9/2021).


Pada sambutan tertulis Dankodiklatad disampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Pengawas Itjenad atas konsultasi dan koreksi terhadap produk administrasi pelaksanaan kegiatan di jajaran Kodiklatad. Diharapkan hasil audit ini dapat memberikan masukan yang bermanfaat, khususnya dalam menyempurnakan pelaksanaan program kerja satuan dan pengelolaan anggaran sesuai dengan prosedur dan mekanisme serta regulasi yang berlaku. “Selanjutnya, kepada para Dansat/ Kasatker segera memperbaiki hasil temuan tersebut untuk dijadikan pedoman kegiatan selanjutnya”, ujarnya. 


Kegiatan audit yang dilaksanakan oleh Itjenad digelar terhadap program kerja dan anggaran yang sedang dilaksanakan oleh Kodiklatad sampai dengan semester I TA 2021. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengawasan ini, kemungkinan timbulnya penyimpangan terhadap tujuan dan sasaran yang telah dituangkan didalam progjagar Kodiklatad dapat diantisipasi dan dieliminir agar tercipta kinerja yang transparan dan akuntabel terhadap pengelolaan keuangan negara.


Acara penyampaian taklimat akhir diawali dengan paparan temuan sementara hasil Current Audit oleh Ketua Tim Pengawasan Itjenad di Kodiklatad, Brigjen TNI Alvis Anwar, S.A.P., M.Tr (Han) dan dilanjutkan dengan Taklimat akhir yang disampaikan langsung oleh Irjenad terkait beberapa temuan menonjol semester-1 Tahun 2021. Selain itu disampaikan pula terkait penyelenggaraan kegiatan Litbang di satuan jajaran Kodiklatad yang pada dasarnya sudah berjalan sesuai regulasi, namun demikian masih terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan dan diperbaiki untuk mendapatkan output yang diharapkan. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan temuan sementara hasil Current Audit kepada Wadan Kodiklatad.

Acara berjalan dengan lancar dan dihadiri para pejabat utama Makodiklatad, para pejabat Pussen dan para pejabat satuan jajaran baik secara fisik maupun virtual.

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *