Bandung. Sebagaimana dituangkan dalam Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, latihan merupakan salah satu fungsi organik TNI AD yang diselenggarakan dalam rangka pembinaan kekuatan sebagai persiapan untuk penggunaan kekuatan. Pembinaan latihan bertujuan untuk mewujudkan kesiapan operasional satuan dengan mengoptimalkan sumber daya satuan yang dimiliki melalui kegiatan latihan. Untuk mengetahui kesiapan penyelenggaraan Latposko I dan Lattis Ancab BTP 13 TA. 2021, Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) “Kartika Yudha” di Ruang Ganesha 3 Makodiklatad. Senin (11/10/2021).



 

Dalam sambutannya Dankodiklatad menyampaikan bahwa Latihan Ancab BTP 13 TA. 2021 yang digelar dengan nama “Kartika Yudha” akan didahului dengan latihan Posko I. Dalam dua tahun terakhir, perangkat maupun program latihan yang dilaksanakan oleh TNI AD sesuai alokasi dari Staf Latihan TNI AD mengalami peningkatan. Oleh karena itu, seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan harus lebih sempurna dari sebelumnya terutama pada saat Lattis Ancab perlu adanya keseriusan sebagai latihan pamungkas. Diharapkan personel yang mengikuti latihan tidak mengalami pergantian mulai dari Latposko I sampai dengan Lattis. Hal ini bertujuan agar kesinambungan pelaksanaan latihan dapat terwujud dengan baik.



 

Bertindak sebagai pemapar tentang RGB Latposko I dan Lattis Ancab BTP 13 TA. 2021 adalah Dirlat Kodiklatad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., MTr (Han). Dalam latihan yang mengusung tema “Brigade Tim Pertempuran 13 Melaksanakan Operasi Militer Untuk Perang di Wilayah Operasi Sumbagsel Dalam Rangka Operasi Penindakan Kogasratgab” ini akan didahului dengan latihan Posko I yang bertujuan untuk mengembangkan perencanaan operasi melalui PPKT, Battle Management System, Materi Analisa Hasil Proses dan Perencanaan Operasi Gabungan. Sementara itu Lattis Ancab BTP 13 akan diikuti oleh 2.905 prajurit satpur, satbanpur dan satbanmin dengan tujuan meningkatkan kemampuan tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan tingkat brigade dan kerja sama antar satuan/kecabangan dalam wadah BTP melalui penyelenggaraan Operasi Pertempuran.



 

Latposko I dan Lattis Ancab BTP 13 TA. 2021 akan dilaksanakan pada bulan Oktober s.d. November 2021 dengan melibatkan beberapa satuan jajaran Kostrad. Latposko I sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 29 Oktober 2021 di Mabrigif R 13/1 K dan Lattis Ancab BTP 13 akan diselenggarakan di Puslatpur Kodiklatad pada tanggal 11 s.d. 26 November 2021.



 

Turut hadir dalam pelaksanaan paparan adalah Danpussenif Kodiklatad, Wadan Kodiklatad, para Danpussen atau yang mewakili, Pangdiv-1/Kostrad, Ir dan Wair, para Direktur Kodiklatad, Waaslat Kasad dan para perwakilan Balakpus TNI serta Staf Perancang Latposko I dan Lattis Ancab BTP 13 TA. 2021.

 

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *