Jakarta. Latihan penerjunan antara Brigif Para Raider 17/1Kostrad dan pasukan 82nd Airborne Division yang dinamakan Latma Garuda Airborne akan menjadi bagian dari Latihan Bersama Garuda Shield-15/2021. Komandan Kodiklatad sebagai Komandan Latihan Garuda Shield-15/2021 menghadiri Acara Laporan Keberangkatan Peserta Latma Garuda Airborne 2021 yang dipimpin oleh Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa. Acara diselenggarakan di Tribun Gedung E Mabesad. Rabu (14/07/2021)



 

Acara diawali dengan penayangan video dokumentasi pra-latihan yang diselenggarakan oleh Brigif Para Raider 17/1Kostrad di daerah latihan penerjunan Pusdiklatpassus, Batujajar dan laporan Asisten Latihan Kasad Mayjen TNI Harianto. Dalam laporannya kepada Kasad, Aslat Kasad menyampaikan bahwa Latma Garuda Airborne 2021 diikuti oleh 100 Personel TNI AD yang akan melaksanakan penerjunan bersama-sama dengan 670 personel US Army dari 82nd Airborne Division di Daerah Latihan Puslatpur Kodiklatad, Baturaja.



 

Sebelumnya melaksanakan penerjunan di wilayah Baturaja, peserta TNI AD akan berangkat menuju Fort Bragg, North Carolina, Amerika Serikat pada tanggal 16 Juli 2021, lokasi ini merupakan markas dari 82nd Airborne Division. Di sana mereka akan melaksanakan latihan bersama untuk mempelajari teknik penerjunan menggunakan payung statik T-11 dan pesawat C-17 Globemaster milik US Army. Selesai melaksanakan latihan di Fort Bragg, peserta latihan akan berpindah tempat ke Guam untuk persiapan melaksanakan penerjunan. Aslat Kasad juga menjelaskan bahwa 100 orang personel TNI AD yang mendapat kesempatan latihan di Amerika Serikat terdiri dari 89 personel Kostrad, 10 orang perwakilan dari 10 Kotama TNI AD dan satu orang Bintara dari Kodam IX/Udayana.

 

Dalam sambutannya Kasad mengucapkan rasa bangganya terhadap peserta latihan karena mereka merupakan generasi penerus TNI AD yang akan mendapatkan pengalaman dan keahlian baru yang belum tentu dimiliki oleh prajurit-prajurit TNI AD pada umumnya. Beliau berpesan agar peserta latihan secara tekun mempelajari teknik-teknik yang akan diberikan saat pelatihan, namun tidak kalah pentingnya adalah membangun networking yang baik dengan prajurit US Army.

 

Acara dilanjutkan dengan foto bersama para Pejabat TNI AD dan perwakilan US Army di Jakarta. Turut hadir Wakasad, Irjenad, Koorsahli Kasad, Danpuspomad, para Kabalakpus, para Asisten Kasad, Atase Pertahanan Amerika Serikat dan Kepala Kantor Kerjasama Pertahanan Amerika Serikat.

 

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *