Palembang. Menjelang dimulainya Latihan Bersama Garuda Shield-15/2021 secara serentak pada tanggal 4 s.d. 14 Agustus 2021 di tiga daerah latihan yaitu Baturaja, Amborawang dan Makalisung, sejumlah personel dan logistik US Army mulai berdatangan, salah satunya melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. sebagai Komandan Latma Garuda Shield-15/2021 didampingi Pangdam II/Swj meninjau kedatangan main body prajurit US Army dari 25th Infantry Division, Hawaii Amerika Serikat. Senin (26/7/2021).



 

Sejumlah 235 personel yang tiba di Palembang hari ini merupakan Gelombang ke-4 kedatangan main body untuk daerah latihan Puslatpur Kodiklatad, Baturaja setelah sebelumnya telah tiba gelombang pertama sejumlah 168 personel dan gelombang kedua 160 personel pada tanggal 24 Juli 2021. Sementara itu gelombang ke-3 tiba sejumlah 108 personel pada tanggal 25 Juli 2021



 

Tujuan dari kedatangan Dankodiklatad beserta Pangdam II/Swj untuk meninjau seluruh gelombang kedatangan main body ini selain untuk secara langsung menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada delegasi tamu, juga untuk memastikan penerapan protokol kesehatan berupa tes Swab PCR, proses pengecekan imigrasi dan pengecekan logistik perorangan serta persenjataan oleh Bea Cukai yang dilaksanakan secara ketat sesuai prosedur yg berlaku. Diketahui bahwa seluruh delegasi US Army yang tiba di Indonesia dalam rangka Latma Garuda Shield 15/2021 akan melaksanakan karantina dan kembali di tes Swab PCR sebelum melaksanakan latihan sesuai materi yang sudah disepakati oleh delegasi TNI AD dan US Army pada rapat-rapat sebelumnya.

 

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *