Cipatat. Dipersiapkan sebagai calon pemimpin TNI AD masa depan, siswa Pendidikan Kecabangan Perwira Infanteri TA. 2021 sedang dididik dan dilatih untuk memiliki kemampuan dasar Perwira Infanteri dan keahlian memimpin pasukan di lapangan. Namun tidak sampai di situ, para siswa juga perlu mendapatkan motivasi dan pencerahan dari Perwira yang lebih dulu memiliki pengalaman berharga dalam kedinasan. Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto S.Sos. memberikan pengarahan serta motivasi kepada 708 Siswa Dikcabpa Infanteri di Gedung Sudirman, Pusdikif Pussenif Kodiklatad. Kamis (16/9/2021)



 

Di hadapan para Siswa, Dankodiklatad mengawali ceramahnya dengan menyampaikan riwayat hidup dan jabatannya secara singkat. Selanjutnya beliau menjelaskan kebijakan Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa dalam membangun TNI AD yang adaptif dan diperlengkapi dengan alutsista strategis sehingga memerlukan prajurit yang kompeten, handal dan berkarakter. Khusus bagi para calon pemimpin di Korps Infanteri diharapkan agar selain memiliki ilmu pengetahuan yang luas juga memiliki karakter dan naluri yang kuat sehingga siap melaksanakan tugas dalam kedinasan nanti.



 

Pada kesempatan ini juga Dankodiklatad membagikan prinsipnya dalam menjalani kehidupan termasuk kedinasan dimana beliau selalu bekerja dengan hati, profesional dan selalu bersyukur. Secara gamblang beliau pun memberikan contoh-contoh inspiratif tentang penerapan prinsip tersebut sehingga para siswa mendapat pemahaman dan motivasi untuk melakukan yang terbaik bagi diri dan lingkungannya.

 

Ceramah Dankodiklatad diakhiri dengan penekanan tentang keharusan dan larangan bagi para calon pemimpin masa depan di antaranya kewajiban untuk menyiapkan diri untuk menghadapi tugas ke depan yang semakin berat, jujur, berkarakter dan berani dalam memimpin serta selalu waspada dalam bertugas. Selain itu dipesankan kepada para siswa agar tidak merendahkan martabat diri sebagai perwira dengan perbuatan-perbuatan tercela, tidak cengeng dan pantang menjadi penghianat bangsa & negara.

 

Setelah menyelesaikan Pendidikkan Dasar Kecabangan Infanteri ini, para siswa akan menduduki jabatan di satuan-satuan Infanteri di seluruh Indonesia. Diharapkan wawasannya dan motivasi yang didapat dari Dankodiklatad bisa menjadi bekal dalam penugasan di masa yang akan datang baik dalam mengawaki satuan-satuan Infanteri maupun dalam menjalani kehidupan.

 

(Penerangan Kodiklatad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *