informasi

BERI KULIAH UMUM , DIKAMPUS POLINEMA MALANG ,DANKODIKLATAD MENGAJAK SELURUH MAHASISWA FOKUS KEPADA TUGASNYA YAITU BELAJAR UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRINYA SEBAGAI KADER PIMPINAN MASA DEPAN YG BERKARAKTER

kuliah 11
     Malang. Komandan Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos memberikan kuliah umum di Politeknik Negeri Malang (Polinema), Senin (14/10) dihadapan sekitar 3905 orang, yaitu  terdiri dari Mahasiswa Polinema, sebanyak 3500 orang, Mahasiswa Poltekad 255 orang, Mahasiswa Garuda Maintenance Facility (GMF) 25 orang, Mahasiswa D3 PLN 25 orang, Dosen, Tenaga Pendidik dan tamu undangan sebanyak 100 orang.

kuliah 33

     Dalam kuliah umum tersebut Dankodiklatad mengambil tema “Membentuk Intelektual Muda yang Berintegrasi dan Berwawasan Kebangsaan dalam Era Revolusi Industri 4.0”. Beliau menyampaikan bahwa tugas utama mahasiswa adalah sebagai kontrol dalam kehidupan sosial, menjaga nilai-nilai di masyarakat, memiliki moral dan akhlak yang baik serta mampu menjadi agen perubahan. Namun, kondisi saat ini kecenderungan mahasiswa lupa akan tugas dan perannya, sehingga mudah disusupi paham radikalisme dengan melupakan jati diri bangsa dan nilai-nilai Pancasila. “Padahal mereka inilah yang nantinya akan menjadi calon pemimpin masa depan”, tegas beliau.

kuliah 22 

    Kepada mahasiswa dan civitas Kampus,  Dankodiklatad mengatakan bahwa mahasiswa juga merupakan pemeran utama dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0. Oleh karena itu mahasiswa harus mengembangkan potensinya semaksimal mungkin selama kuliah di kampus, tidak hanya di bidang akademik namun juga kreativitas dan inovasi.

kuliah 55

     Menutup kuliah umumnya kali ini, beliau memberikan pesan beberapa hal untuk menjadi bekal mahasiswa nantinya yaitu agar mahasiswa dapat menjadi kader muda yang memahami Bhineka Tunggal Ika, memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat, bekerja dengan hati, profesional sesuai dengan bidang keahliannya dan tidak lupa selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

     Di akhir kuliah umum diberikan sesi tanya jawab yang dilanjutkan dengan pembentangan bendera Merah Putih oleh seluruh mahasiswa dan tamu undangan. Didahului dengan himbauan Dankodiklatad untuk tetap menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI dan diakhiri dengan menyanyikan lagi Bagimu Negeri.

     Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema) Bapak Awan Setiawan menyambut baik kuliah umum Dankodiklatad ini. Beliau menyatakan hal yang disampaikan Dankodiklatad dapat menjadi bekal untuk membangun karakter bagi mahasiswa untuk menjaga semangat kepemudaan yang menjunjung keberagaman suku bangsa. Tidak lupa beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dankodiklatad dan jajarannya yang telah berkenan hadir di kampus Polinema.

     Dalam kesempatan ini pula telah diadakan penandatanganan kerjasama antara Kodiklat Angkatan Darat dengan Polinema khususnya dalam bidang Peningkatan Tridarma Perguruan Tinggi melalui Pengembangan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Peningkatan Sumber Daya Manusia.

     Selain itu juga Dankodiklatad menyerahkan penghargaan dan uang pembinaan kepada Mahasiswa Poltekad yang berhasil mendapatkan juara ketiga dalam Perlombaan karya Tulis Ilmiah “Diponegoro Science Competition” yang diselenggarakan Universitas Diponegoro pada tanggal 12 Oktober 2019 yang lalu. Mahasiswa tersebut adalah Serda Muhamad Arifin dan Serda Himawan Tri Widodo. Dankodiklatad juga melakukan Penyematan medali Juara 3 Catur klasik dan Juara 2 Catur Kilat kejuaraan POMNAS ke XVI 2019 kepada mahasiswa Polinema atas nama Kurnia Robi Firdaus.

     Turut Hadir dalam Acara tersebut, Wadankodiklatad Mayjen TNI Eka Wiharsa, Panglima Divisi 2 Kostrad, Danpussen Arhanud, Danpussen Armed, Direktur Pendidikan, Direktur Pengkajian, Direktur Latihan, Direktur Umum Kodiklatad, Para Danpusdik Jajaran Kodiklatad, Danpoltekad, Danrem 083/Baladhika Jaya, Danbrigif 18, Dandim 0833 kota Malang, Kapolres Malang Kota, Danlanud Abdurahman Saleh, Danlanal Malang, dan tamu undangan lainnya. (Penerangan Kodiklatad)

kodiklat-tniad.mil.id