Peringatan Hari Keluarga Nasional

Bandung. Setiap tanggal 29 Juni diperingati sebagai sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Meski demikian, peringatan ini belum terlalu dikenal luas oleh masyarakat. Hal ini mengapa upaya memasyarakatkan Hari Keluarga Nasional perlu lebih dioptimalkan.

Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni.

Harganas sendiri, sebagaimana dikutip dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), diperingati dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan.  Maka, ada yang mendefinisikan bahwa Hari Keluarga tidak hanya untuk keluarga; tetapi hari yang dirayakan untuk berbagai komunitas termasuk bisnis dan kelompok masyarakat tertentu.

Harganas juga ditujukan untuk menghidupkan fungsi-fungsi yang ada dalam keluarga. Keluarga tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan atau fungsi ekonomi semata, tetapi terdapat fungsi fungsi lain yang tidak kalah pentingnya. 

Keluarga harusnya menjadi tempat berlindung dan pendukung utama di tiap kesempatan, terlebih ketika dihadapi situasi pandemi Covid-19. Ketika COVID 19 anak-anak yang seharusnya belajar disekolah, harus tetap berada dirumah bersama orangtua. Perlu diingat bahwa  Guru dirumah adalah orangtua yg mendidik dan mendampingi anak-anak generasi penerus. Orangtua menjadi figur untuk mengembalikan identitas karakter nilai yang hilang. Beban pendidikan harus dikembalikan kepada orangtua dan keluarga merupakan pembentuk karakter seseorang. ( Penerangan Kodilatad)