WADAN PIMPIN UPACARA HARKITNAS TAHUN 2018 PDF Print E-mail

 

3A

     Bandung. Bertempat di Lapangan Upacara Kodiklat Angkatan Darat pada hari senin telah dilaksanakan upacara Bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 110 tahun 2018 yang diikuti seluruh anggota Kodiklat Angkatan Darat dengan inspektur upacara Wakil Komandan Kodiklat Angkatan Darat Mayor Jenderal TNI Yoshua Pandit Sembiring, S.IP (21/5).

     Dalam sambutan Kemeninfo RI yang dibacakan oleh Wakil Komandan Kodiklat Angkatan Darat disampaikan bahwa Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

     Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan. Presiden pertama dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan  Hari Kebangkitan Nasional tahun 1952 mengatakan bahwa : “Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu “ide”, satu naluri pokok daripada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri  pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa. Cara baru itu ialah cara mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan perhimpunan politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan”. (Penkodiklatad)

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Valid XHTML | Template Design LernVid.com and ah-68