informasi

Peran TNI di 'Kubangan' Bencana Alam

6PERAN TNI kini kian dekat dengan masyarakat. Jika dulunya TNI melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP), kini tugas TNI lebih kepada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan mengerjakan tugas di luar perang seperti memberikan bantuan, tugas kemanusiaan dan tugas perdamaian.

Tak ayal jika kini TNI menjadi lembaga yang paling dipercaya oleh masyarakat, berdasarkan sejumlah hasil survei yang ada. Keberhasilan mendapatkan kepercayaan itu seyogianya terlihat dari peran TNI yang kini langsung terjun membantu masyarakat dalam berbagai kondisi, termasuk saat terkena bencana.

 

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sebuah videonya terkait gempa disusul tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah mengenang saat musibah gempa dan tsunami dahsyat menghantam Aceh dan Nias pada 2004. Bencana yang melumpuhkan Aceh itu kemudian ditetapkan sebagai bencana nasional, seluruh pihak ikut berjibaku dalam tanggap darurat, termasuk TNI.

Bisa dibilang, saat itu TNI meninggalkan operasi militer melawan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan mengutamakan hal yang lebih penting yakni urusan kemanusiaan. SBY mengatakan “TNI siang malam membantu angkuti jenazah, selamatkan yang bisa diselamatkan dan akhirnya tanggap darurat bisa dilakukan".

kodiklat-tniad.mil.id