informasi

MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DITHUBAD SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL “KEDAULATAN TELEKOMUNIKASI DAN KEAMANAN SIBER”

1

     Cimahi. Menyambut hari jadinya yang ke-74 tahun, Perhubungan Angkatan Darat (HUBAD) Tahun 2019 mengadakan serangkaian kegiatan, seperti Lomba Ketahanan Siber Dirhubad Cup, Lomba Ketangkasan Jaringan Dirhubad Cup, Donor Darah, Ziarah dan Seminar nasional. Seminar Nasional yang diadakan kali ini mengusung tema  tentang  “Kedaulatan Telekomunikasi dan Keamanan Siber”.  Acara dilaksanakan di Gedung Dharma Caraka Pusdikhub Kodiklatad dan dibuka langsung oleh Direktur Perhubungan Angkatan Darat Brigjen TNI Widjang Pranjoto. Selasa (19/11/2019)

3

     Seminar dihadiri  lebih dari 400 peserta  berasal dari kalangan TNI/Polri, Pemerintahan, Para Akademisi/Kampus dan Komunitas dan Praktisi bidang Telekomunikasi dan Cyber Security. Yang berbeda dalam seminar kali ini adalah seminar dapat disaksikan secara live oleh semua Prajurit dan PNS jajaran perhubungan angkatan darat melalui teleconference.

4

     Dalam sambutannya Dirhubad mengatakan bahwa seminar yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya dithubad dalam rangka menghadapi perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, dan menghadapi  tuntutan dan tantangan perkembangan ilpengtek yang sangat pesat khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

2

     “Tujuan seminar kali ini lebih kepada untuk menyatukan dan memberikan wawasan bagi generasi muda tentang sejauh mana perkembangan siber di iIndonesia saat ini khususnya yang berkaitan dengan kedaulatan telekomunikasi dan keamanan siber, baik dari sisi pemerintahan, pelaku bisnis, pratisi-praktisi yang bergerak dalam bidang siber” Ujarnya.

     Ditemui usai acara Brigjen TNI Bondan Widawan, S.Kom., M.Si., Direktur Pengendalian Informasi, Investigasi dan Forensik Digital BSSN yang hadir sebagai salah satu narasumber dalam seminar ini mengatakan bahwa, serangan Malicious Software atau malware masih menempati posisi tertingi ancaman siber di Indonesia. Menurut Bondan hal ini terjadi karena penggunaan software ilegal di Indonesia yang masih besar, “untuk itu perlunya kesadaran masyarakat untuk menggunakan software resmi, demi meningkatkan keamanan data” Ujarnya.

      Perlu diketahui kegiatan seminar nasional ini juga menghadirkan sejumlah narasumber lainnya yaitu Dirjen SDPPI Kemkominfo, Dr. Ismail, M.T, CTO PT. Datacomm Diangraha, Luk Phin Tirto Kuntjoro, Guru Besar Universitas Perbanas, Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA., Pakar IT Security dan Dosen senior ITB, Ir. Budi Rahardjo, M.Sc., P.hD., dan Ir. Salahudin Manggalani, Pakar IT dan Digital Forensik.

     Komandan Pusat Pendidikan Perhubungan, Kolonel Chb Fitry Taufiq Sahary,S.E., M.M. dalam hal ini selaku ketua penyelenggara kegiatan Seminar Nasional “Kedaulatan Telekomunikasi dan Keamanan Siber” menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua peserta yang sudah hadir dalam acara ini dan juga kepada semua pihak yang sudah membantu sehingga acara dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

     Hadir dalam kegiatan ini sejumlah pejabat di lingkungan TNI, pejabat pemerintahan dari Kemkominfo Kota Bandung dan Cimahi, Danpuslatpur, Para Danpusdik Jajaran Kodiklatad dan para undangan lainnya. (Penerangan Kodiklatad)

kodiklat-tniad.mil.id