Kodiklatad Selesaikan Rehab Kantor DPD LVRI Provinsi Jabar

   Bandung. Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Eka Wiharsa menghadiri acara syukuran Kantor DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Jawa Barat yang baru saja selesai direhab, Kamis (9/1/2020). Kantor LVRI  yang terletak di jalan Jawa no 56 Bandung, kondisinya sudah menjadi lebih baik dari sebelumnya.  Rehab Kantor DPD LVRI Provinsi Jabar tidak hanya merehab bagian atap serta lantai gedung, namun juga fasilitas kamar mandi dan perbaikan pagar tembok, serta pengecatan kantor LVRI. Proses rehab dilaksanakan pada Desember 2019 dengan masa pengerjaan kurang lebih tiga minggu.

   Dalam sambutan Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos., yang dibacakan Wadan Kodiklatad menyampaikan rehab Kantor LVRI ini dimaksudkan sebagai bentuk ucapan terima kasih dan penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan bangsa yang secara aktif turut membela kemerdekaan dan kedaulatan negara Republik Indonesia.

     Dankodiklatad dalam keterangannya berharap dengan rehab ini dapat menambah semangat pengabdian yang tinggi bagi setiap anggota LVRI. “Jangan pernah lelah mengabdi untuk negeri ini karena pengabdian veteran adalah pengabdian tanpa batas dalam membangun bangsa dan negara melalui LVRI, semangat ini tentu akan menjadi inspirasi bagi Prajurit yang masih aktif untuk terus menjaga dan mempertahankan  NKRI”, ujarnya.

     Diakhir sambutannya, tidak lupa beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pelaksana dan pendukung  yang telah berpartisipasi aktif dalam dalam merehabilitasi Kantor DPD LVRI Jawa Barat.

     Sementara, Ketua DPD LVRI Provinsi Jabar Mayjen (Purn) Tayo Tarmadi menyampaikan terima kasih kepada Dankodiklatad yang telah memberikan bantuan untuk merehab  gedung LVRI Jabar.  "Sudah kurang lebih 10 tahun gedung LVRI Jabar kondisinya rusak berat sehingga perlu untuk direhab” ujarnya. "Diharapkan dengan fasilitas gedung yang lebih baik ini, peranan LVRI semakin kuat, dalam memberi wawasan kepada generasi muda, tentang perjuangan para veteran membela tanah air," jelasnya.

     Acara syukuran diawali dengan pembacaan surat yasin sebagai bentuk rasa syukur telah selesainya rehab gedung LVRI Jabar dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Wadankodiklatad yang diserahkan langsung kepada Ketua DPD LVRI Provinsi Jabar.

     Hadir dalam acara ini para Danpussen, Inspektur, para Direktur dan para pejabat lainnya serta para anggota LVRI (Penerangan Kodiklatad)

Read More
TNI AD JAJAKI KERJASAMA DENGAN UNPAD

   Bandung. Sejalan dengan program untuk meningkatkan sumber daya manusia yang digulirkan oleh pemerintah, berbagai program terus disusun pula oleh TNI AD. Kodiklat Angkatan Darat (Kodiklatad) melaksanakan penjajakan kerjasama dengan Universitas Padjajaran (Unpad) guna memajukan kualitas insan prajurit TNI AD. Hal ini dikatakan oleh Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto S.Sos, saat menerima paparan narasumber dari Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad di Makodiklatad, Rabu (15/1/2020).

Dalam sambutannya, Dankodiklatad menyatakan bahwa hal ini merupakan tindak lanjut setelah adanya kunjungan pada bulan September yang lalu di FTG Unpad. Pada kesempatan tersebut tercetus dalam diskusi bahwa TNI adalah satu-satunya organisasi yang siap dalam penanggulangan bencana. Namun demikian Dankodiklatad mengakui bahwa perlu adanya pengetahuan tambahan guna meminimalkan dampak bencana di wilayah. “Kita belum memiliki pengetahuan mitigasi yang baik, sehingga aparat kewilayahan seperti Babinsa perlu diberikan pengetahuan tentang mitigasi bencana contohnya seperti melihat tanda-tanda alam yang ada,” ujarnya. “Disinilah ahli Geologi dapat berperan dalam mengisi dan memberikan pengetahuan tentang masalah tanah seperti likuifikasi, longsor serta banjir”, katanya.

     Dalam keterangan lebih lanjut, Dankodiklatad mengatakan bahwa konsep kerjasama yang akan diadakan antara TNI AD dengan Unpad sudah dilaporkan kepada Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa. “Harapan Kasad bahwa kerjasama ini agar segera direalisasikan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

     Wakil Rektor Unpad bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerjasama dan Korporasi Akademik, Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt. mengatakan bahwa bencana adalah bagian kehidupan yang harus kita hadapi, sehingga dapat dipelajari melalui mitigasi dan manajemen kebencanaan. Selanjutnya pihak Unpad menyambut baik akan adanya penjajakan kerjasama dengan TNI  AD. “Kami menempatkan program ini sebagai prioritas karena langsung bersinggungan dengan kepentingan masyarakat,” tambahnya.

     Adapun Dekan FTG, Dr. Ir. Vijaya Isnaniawardhani, M.T menjelaskan bahwa ilmu Geologi mempelajari berbagai potensi geologi baik positif seperti kekayaan alam maupun negatif seperti kebencanaan. Diakui Dekan bahwa berbagai riset dan peta kebencanaan sudah ada dalam database yang dimiliki oleh FTG Unpad. “Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama, kami dapat membagikan data tersebut sehingga dapat menjadi dasar bagi TNI dan institusi lain untuk dapat bergerak guna melaksanakan pencegahan dan mitigasi bencana,” jelasnya.

     Berbagai paparan yang disajikan berkaitan dengan permasalahan kebencanaan dan mitigasinya, yang sering dihadapi oleh masyarakat dan berbagai stakeholder di seluruh wilayah Indonesia. Antara lain yakni, Kajian Kebencanaan Geologi dan Diklat Para Babinsa untuk Tanggap Darurat Bencana oleh Dr.Ir. Dicky Muslim, M.Sc, juga paparan mengenai Peran Ilmu Geologi dalam Geopolitik dan Geomiliter oleh Dr. Ir. Zulfialdi Zakaria, M.T. Selanjutnya dipaparkan pula tentang Kajian Potensi Sumberdaya Air di Pusat Kegiatan Militer oleh Dr. Ir. M. Sapari Dwi Hadian, M.T. serta paparan Konsep Pembentukan Geopark dalam Pembangunan Nasional Berkelanjutan oleh Prof. Mega Fatimah Rosana, Ph.D.

     Hadir dalam acara paparan ini yakni Danpusterad, Dirtopad, Waaspers Kasad, Wadan Seskoad, Sesdislitbangad, Dirlitbang Akmil. Kemudian perwakilan dari Ditziad, Ditkumad, Sops Mabesad dan Ster Mabesad. Para undangan lainnya dari Pengurus Pusat IOF, IOF Pengda Jabar, dan Forkom Alumni FTG Unpad. Para Danpussen, Ir, Direktur Kodiklatad, dan para Danpusdik jajaran Kodiklatad serta Danpusdikter Pusterad. (Penerangan Kodiklatad)

Read More
DANKODIKLATAD INGATKAN TENTANG DISIPLIN SEBAGAI PRAJURIT

 Bandung. Usai bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera pada upacara bendera 17 an bulan Januari 2020, Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos memberikan jam komandan, bertempat di lapangan Upacara Makodiklatad, Jum’at(17/1).

 Dalam kesempatan ini Dankodiklatad menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap Prajurit dan PNS Kodiklatad atas pelaksanaan tugas di tahun 2019 yang lalu. Beliau berharap pelaksanaan tugas di tahun 2020 dapat dilaksanakan lebih baik lagi sesuai bidang tugas masing-masing.

     Disamping itu, Dankodiklatad juga menekankan kepada seluruh personel Makodiklatad untuk selalu meningkatkan disiplin, karena disiplin adalah nafas kehidupan bagi seorang prajurit. “Disiplin prajurit berawal dari disiplin pribadi, karena itu disiplin pribadi maupun disiplin kesatuan perlu terus dipupuk dan dikembangkan dalam kehidupan prajurit “, tegasnya.

     Lebih lanjut beliau menyampaikan, pentingnya untuk selalu bekerja dengan hati yaitu agar  setiap orang bekerja secara maksimal dan tidak asal-asalan. “Bekerja harus secara total dan serius, dengan melibatkan seluruh kemampuan yang dimiliki bukan sekedar memenuhi tugas dan kewajiban, dengan begitu maka setiap tugas pokok dapat terselesaikan”, ujarnya.

     Dikatakan Putranto, bahwa tahun 2020 akan dilaksanakan Pilkada serentak di 270 wilayah. Sejalan dengan perintah Panglima TNI bahwa seluruh Prajurit maupun PNS TNI harus mampu menjamin agar pesta demokrasi tersebut berjalan aman, lancar, dan sukses. Untuk itu Dankodiklatad mengingatkan kepada seluruh Personel Makodiklatag agar tetap menjaga netralitas TNI selama proses pilkada berlangsung.

     Hadir dalam acara jam komandan tersebut Inspektur, para Direktur dan pejabat lainnya serta seluruh Prajuri dan PNS Makodiklatad. (Penerangan Kodiklatad)

Read More