Kasad Memberikan Pengarahan Kepada Prajurit JRTC 21-01 yang Akan ke Amerika

Jatim. Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, meninjau kesiapan Latihan Bersama (Latma) Rotation Joint Readiness Training Center (JRTC) Rotation 21-01 bertempat di Yonif Para Raider 502 Kostrad, dalam rangkaian kerjanya ke wilayah Jawa Timur.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Latma Joint Readiness Training Center (JRTC) Rotation 21-01 merupakan Latihan Bersama US Army dengan negara lain. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, TNI Angkatan Darat mengirimkan satu Kompi pasukan sebanyak 125 prajurit.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Latma JRTC 21-01 merupakan wujud kerja sama internasional untuk menjalin persahabatan dan meningkatkan hubungan militer antara TNI AD dan US Army. Pelaksanaan JRTC 21-01 akan berlangsung dari 19 September hingga 3 November 2020 di Fort Polk, Lousiana, Amerika Serikat.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Dalam kesempatan itu, Kasad juga berkesempatan memberikan pengarahan kepada 155 prajurit untuk berlatih dengan serius dan memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya. Diharapkan prajurit dapat memetik pengalaman bersosialisasi dan berkomunikasi disana.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

“Tugas yang paling penting dari saya, bersahabat, cari teman baru, dan membina hubungan baik dengan mereka. Tunjukkan bahwa kita ingin bersahabat dengan mereka, karena mereka pasti akan menunjukkan bersahabat dengan kita,” ujar Kasad.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Kasad juga berharap, sekembalinya prajurit dari Latihan Bersama JRTC 21-01, mereka dapat menularkan ilmu dan pengalaman berharga kepada rekan-rekannya di Indonesia. ⁣⁣⁣⁣⁣⁣

“Saya ingin rekan-rekan sekalian kembali kesini sudah menjadi prajurit TNI Angkatan Darat yang punya wawasan lebih luas,” ujar Kasad.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣⁣Turut mendampingi Kasad dalam peninjauannya, Pangkostrad, Pangdam V/Brw, Aslat Kasad, Irdivif 2 Kostrad dan Kadispenad. (Dispenad)

Read More
Dankodiklatad Buka Upacara Dikmaba Kowad TA 2020

Bandung. TNI AD terus berkomitmen untuk membentuk Prajurit yang memiliki sikap perilaku sesuai dengan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta memiliki kondisi jasmani yang samapta. Hal ini diungkapkan oleh Komandan Kodiklat TNI AD, Letnan Jenderal TNI A.M. Putranto, S.Sos,. saat bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Bintara Korps Wanita Angkatan Darat TA 2020 yang bertempat di Lapangan Pusdikkowad Kodiklatad, Senin (28/9/2020).

Bertindak sebagai Komandan Upacara pada pembukaan kali ini yaitu Letkol Cba (K) Elly Hartati Afessa, S.Pd. Pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan serta penyematan tanda prajurit siswa yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam amanatnya, Dankodiklatad memberikan pesan kepada para Prajurit Siswa (Prasis). “Lakukan Pendidikan ini dengan sebaik-baiknya, penuh semangat yang tinggi dan jangan mudah menyerah, dapatkan bekal pengetahuan kemiliteran secara maksimal, sehingga nantinya dapat lulus sebagai Bintara TNI Angkatan Darat dengan prestasi yang membanggakan," ujarnya.

Sebelum upacara berlangsung, Komandan Pusat Pendidikan Korps Wanita Angkatan Darat, Kolonel Caj (K) Dra. Maria I. Suparni, M.Si. melaporkan bahwa jumlah Prasis TA 2020 sebanyak 221 orang yang diantaranya terdapat Atlet Nasional maupun Internasional yang membanggakan di bidang keahliannya masing-masing. Pendidikan Prasis Dikmaba kali ini cukup spesial dengan kedatangan 40 orang Prajurit Siswa wanita dari daerah Papua.

Selanjutnya dilakukan pengarahan kepada Prasis dengan menekankan tentang sikap kedisiplinan yang harus tertanam dalam diri sehingga mampu melewati pendidikan untuk dilantik nantinya menjadi Prajurit TNI AD. Turut hadir Wadankodiklatad, Para Danpussen, Ir, para Direktur, Waaspers Kasad bidang Binpers, para Danpusdik serta pejabat jajaran Kodiklatad. (Penerangan Kodiklatad)

Read More
Panglima TNI Pastikan Netralitas TNI Dalam Pilkada Serentak Tahun 2020

Jakarta. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin rapat internal dengan jajaran TNI yang dihadiri oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. dan jajaran  Pangkotama TNI.

Rapat internal tersebut membahas  tentang Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 dan Tahapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (28/9/2020).

Rapat yang dilaksanakan melalui video conference tersebut diawali dengan penyampaian  oleh Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang terkait Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pilkada Serentak 2020.

Terkait Pilkada serentak, Panglima TNI memerintahkan agar jajaran TNI membantu Pemda, KPU Daerah, dan Bawaslu di daerah dalam pelaksanaan tahapan Pilkada sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2020, untuk menekan penularan Covid-19 dan memastikan Netralitas TNI dalam Pilkada Serentak 2020.

Panglima TNI meminta jajarannya untuk melaksanakan koordinasi terkait pembentukan Posko Gabungan Terpadu sebagai wadah koordinasi seluruh pemangku kepentingan dalam pengamanan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak dan Penegakan Displin Protokol Kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Panglima TNI perintahkan agar optimalkan tugas yang diamanatkan dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Bangun koordinasi yang baik dengan Polri, Pemda dan instansi terkait. Laksanakan sosialisasi Pilkada Serentak tahun 2020 tanpa kerumunan dan pengerahan massa di bawah koordinasi Pokja Bawaslu dari tingkat pusat sampai daerah. Disinilah peran satuan kewilayahan sangat strategis.

Disiplinan prajurit TNI dalam melaksanakan protokol kesehatan hendaknya juga menjadi contoh keluarga, karena  perilaku disiplin prajurit dan keluarga dalam melaksanakan protokol kesehatan akan  mencegah dan menekan terjadinya klaster keluarga dan perkantoran di lingkungan TNI.( @puspentni )

Read More