Pertemuan Kasad dengan Dua Personel Security Force Assistance Brigades

Jatim. Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa mengundang dua personel Security Force Assistance Brigades (SFAB) terkait pelaksanaan Collective Training dan JRTC Rotation 21-01 yang akan diikuti prajurit TNI AD di Lousiana, Amerika Serikat. Pertemuan tersebut diadakan saat kunjungan Kasad ke wilayah Jawa Timur.⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣Security Force Assistance Brigades (SFAB) merupakan unit khusus yang dibentuk untuk melatih operasi militer tentara negara mitra. Kasad meminta agar tentara Amerika memberikan informasi terkait pelaksanaan kedua kegiatan tersebut.⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣“infokan kepada kami dengan sebaik-baiknya, apa saja yang akan dilakukan kira-kira selama satu bulan, karena JRTC Rotation akan berlangsung selama 14 hari,” ujar Kasad.⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣Jenderal TNI Andika Perkasa ingin memastikan prajurit TNI AD yang mengikuti Collective Training JRTC Rotation 21-01 mendapatkan pelatihan yang tepat sesuai dengan kondisi dan medan di Indonesia, meskipun berlatih bersama dengan prajurit Amerika.⁣(Dispenad)

Read More
1000 Pohon Ditanam di Lahan Pusdikkav

Ngamprah. Dalam rangka Hari Ulang Tahun  ke-75 TNI tahun 2020.  Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav) Pussenkav Kodiklatad memanan kurang lebih 1000 pohon di medan latihan Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad, Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Jum’at (25/9/2020).

Dalam penanaman pohon secara simbolis diawali oleh Komandan Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad, Brigjen TNI Taufik Budi Santoso dan dari Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Bapak Epi Kustiawan

Menurut Taufik, penanaman pohon bersama dinas kehutanan itu merupakan langkah awal dari upaya pelestarian lingkungan. Dia menyebut pelestarian lingkungan harus dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak.

“Ini merupakan awal kerja sama yang baik bersama Dinas terkait dalam penanaman pohon,  Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Dinas Kehutanan”, ujarnya.

Dalam kegiatan ini, secara serentak menanam pohon-pohon bernilai ekonomis seperti mangga, rambutan, sukun, albasia, dukuh, dan tanaman keras lainnya.  Selain untuk penghijauan di medan latihan, komoditas dari pohon itu, dapat memberikan nilai ekonomis. “Tidak hanya untuk anggota TNI, tetapi juga masyarakat sekitarnya”, ucap Taufik         

Saat penanaman pohon semua yang terlibat melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Secara bergiliran Taufik dan Edi menanam pohon di area medan latihan.

Pada tahap awal penanaman pohon dilakukan di lahan Pusdikkav yang diperuntukkan menjadi medan latihan seluas kurang lebih 10 Hektare.   Rencana penanaman berikutnya, kata Taufik meliputi lahan yang berbatasan dengan lingkungan sekitar seluas kurang lebih 20 Hektare.

Rangkaian kegiatan lainnya yaitu menyelenggarakan bakti sosial meliputi donor darah dan pembagian sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.  Pusdikkav melakukan bedah rumah dan membagikan sembako bagi 300 keluarga di sekitar Pusdikkav. ( Sumber Koran PR senin 28 November 2020) (penerangan Kodiklatad)  

Read More
Talk Show "8 Kekuatan Cakra" Jurnalis Bela Negara Bersama Danpussenif Letjend TNI Besar Harto Karyawan

Bandung. Jurnalis Bela Negara (JBN) bersama Danpussenif Letjend Besar Harto Karyawan SH, M.Tr (Han) menggelar Talk Show bertajuk, "8 Kekuatan Cakra", Senin, (28/9/2020), di Gedung Ahmad Yani Pussenif Kodiklatad jalan Supratman Bandung. Senin (28/9/2020).

Talk Show dikemas santai hangat penuh kekeluargaan namun sarat makna, "8 Kekuatan Cakra" sendiri merupakan topik bahasan JBN bersama Jenderal Bintang Tiga tersebut.

Talk Show dipandu oleh Pendiri JBN Mas Don, dan saat Talk Show sang Jenderal berbagi pengalaman melalui perenungan panjangnya hingga terlahirlah 8 Kekuatan Cakra.

Danpussenif Letjend Besar Harto Karyawan dalam Talk Show bersama JBN memaparkan secara terperinci "8 Kekuatan Cakra", yakni:

1.Niat (Niat yang baik tulus dan ikhlas,)

2. Sikap dan Perilaku (Penampilan yang berkharisma dalam sikap dan perilaku)

3. Pancaran Mata (Pancaran Mata yang berkekuatan mampu menaklukan, mengayomi, kasih sayang dan melindungi)

4. Komunikasi (Kekuatan berkomunikasi mampu berdialog, berdebat dan berdiplomasi)

5. Kesiagaan (Kesiagaan bela diri yang mampu melumpuhkan lawan)

6. Daya Imajinasi (mampu membaca situasi memprediksi dan merencanakan)

7. Keputusan (Keputusan terbaik sesuai pikiran, penalaran dan hati nurani)

8. Keyakinan (Keyakinan bahwa yang dilakukan merupakan keputusan dan tindakan yang terbaik)

Danpussenif Letjend TNI Besar Harto Karyawan menegaskan, "8 Kekuatan Cakra" dapat diterapkan oleh berbagai kalangan, baik dalam aspek kehidupan sosial, hingga digunakan di berbagai disiplin ilmu.

"Delapan kekuatan Cakra merupakan formula atau jembatan keledai yang menghubungkan, membongkar dan menggali potensi 'kesaktian' kita," kata Letjend TNI Besar Harto Karyawan.

"Bila kita menerapkan delapan kekuatan Cakra dalam diri kita, maka kita akan menjadi orang-orang yang tangguh, menjadi orang-orang yang tidak pernah menyerah dan selalu mengerahkan semua kemampuan dan potensi yang ada di dalam diri kita," ungkap Letjend TNI Besar Harto Karyawan.

Sedangkan pesan Letjend TNI Besar Harto Karyawan kepada para Jurnalis khususnya Jurnalis Bela Negara yakni, seorang Jurnalis itu harus selalu menulis,

menulis, menulis, menulis, dan menulis.

"Sebagai Jurnalis, angkatlah kebenaran sesuai hati nurani kita, angkatlah fakta sesuai hasil penelitian kita, bukan karena kepentingan- kepentingan, bukan karena ingin dipuji, bukan karena popularitas tetapi kembali kepada niat," tegas Letjend TNI Besar Harto Karyawan.

"Identitas Jurnalis Bela Negara hanya sekedar simbol, tetapi yang terpenting sejauh mana implementasi JBN dalam kehidupan sehari-hari, dan semua hal tersebut hanya anggota JBN sendiri yang tahu," kata Letjend TNI Besar Harto Karyawan.

"Saat ini para Jurnalis sepakat bersama-sama membangun komitmen dalam JBN, maka harus dipegang teguh komitmen dan kesepakatan ini untuk mencapai tujuan dari JBN itu sendiri," pungkas Danpussenif Letjend TNI Besar Harto Karyawan.

Talk Show JBN bersama Danpussenif Letjend TNI Besar Harto Karyawan bertajuk, "8 Kekuatan Cakra", dihadiri oleh Dirsen Pussenif Brigjend TNI Budiman, Ir Pussenif Sutjipto, Ketua JBN R. Mochamad Gun Gun, Sekjend JBN Bagoes Rinthoadi, Bendahara JBN Mas Don, beserta 10 pengurus JBN.

Selain itu mitra-mitra Jurnalis Bela Negara (JBN) hadir dan mendapatkan buku "8 Kekuatan Cakra" yang ditandatangani dan diberi pesan khusus oleh Danpussenif Letjend TNI Besar Harto Karyawan.

Para mitra JBN yang hadir diantaranya, Pengusaha Kuliner Surya, Entrepreneur sekaligus Pengusaha Kuliner Angga, Perwakilan Bank BRI Cabang Naripan Bandung, Perwakilan Bakesbangpol Kota Bandung, Perwakilan PT Eiger, dan Perwakilan BNN Jawa Barat.

Talk Show JBN bersama Danpussenif Letjend TNI Besar Harto Karyawan digelar terbatas dan mengikuti protokol Covid-19. (Penerangan Kodiklatad)

Read More