Aspers Panglima TNI Tutup Sosialisasi Jukminu TNI TA 2020

@puspentni.  Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi menutup Sosialisasi Petunjuk Administrasi Umum (Jukminu) TNI TA 2020 di Aula Cut Nyak Dien IKKT PWA Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (30/9/2020).

Dalam amanatnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan Aspers Panglima TNI menyampaikan bahwa kegiatan kesekretariatan sangat penting bagi institusi TNI dalam melaksanakan tugas. Semua aksi nyata TNI di medan tugas berawal dari konsep ataupun produk yang dituliskan dalam bentuk berbagai dokumen.

Disamping itu, tugas-tugas kesekretariatan juga berperan penting untuk mencatat, menyusun dan menyimpan berbagai dokumen yang berkaitan dengan surat-menyurat dan korespondensi, tata naskah serta kearsipan di lingkungan TNI dengan berbagai klasifikasinya.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, dibutuhkan personel profesional yang sesuai dengan motto Setum TNI yaitu, disiplin dalam setiap pelaksanaan tugas dan fungsinya, teliti dalam penyelenggaraan administrasi, akurat pada setiap perubahan dan cepat dalam merespon dan menyelesaikan tugasnya.

Panglima TNI memberikan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara dan para peserta sosialisasi Minu TNI yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Yakinlah bahwa apa yang kita lakukan hari ini akan memberi manfaat bagi organisasi TNI,” ujarnya.

“Saya berharap, hasil dari kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas SDM TNI di bidang administrasi umum dan kesekretariatan khususnya dalam penggunaan tata naskah, kearsipan, undangan dan Pos TNI dan dapat diterapkan di satuan-satuan yang berada di jajarannya.

Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih kepada Setum TNI yang telah melaksanakan pembinaan dan sosialisasi administrasi umum dan kesekretariatan di lingkungan Mabes TNI dan Angkatan sehingga berjalan dengan tertib, seragam, teratur dan aman.

Read More
Kodiklatad Gelar Uji Naskah II Jukgar Binfung Keuangan dan Jukgar Penyusunan dan Penerbitan Doktrin TNI AD

Bandung. Komandan Kodiklat TNI Angkatan Darat, Letnan Jenderal TNI AM. Putranto, S.Sos., memimpin rapat uji naskah II Jukgar Binfung Keuangan dan Jukgar Penyusunan dan Penerbitan Doktrin TNI AD di Ruang Rapat Ganesha Makodiklatad. Rabu (30/9/2020).

“Tujuan kegiatan rapat ini untuk menguji secara teori sejauh mana tindak lanjut dan hasil kerja pokja doktrin tersebut setelah dilaksanakan uji naskah I ", ujar Komandan.

Jukgar Pembinaan Fungsi Keuangan secara garis besar membahas tentang Fungsi Kecabangan Keuangan yang meliputi administrasi pembayaran, akuntansi, pengendalian keuangan, pencocokan dan pengendalian serta bantuan teknis keuangan   

Sedangkan Jukgar Penyusunan dan Penerbitan Doktrin TNI AD membahas tentang penyusunan/revisi pengujian, pengesahan dan penerbitan doktrin di lingkungan TNI AD. 

Adanya revisi kedua naskah tersebut disebabkan adanya perubahan situasi dan kondisi, serta perkembangan teknologi, sehingga Jukgar Binfung Keuangan dan Doktrin TNI AD harus adaptif, aktual dan dapat dioperasionalkan. 

Sehingga pada kegiatan Uji Naskah II ini, Komandan berharap agar seluruh peserta Uji Naskah II, memberikan masukan dengan dilandasi disiplin ilmu dan logika berpikir yang positif. (Penerangan Kodiklatad)

Read More
Dankodiklatad mendampingi Sekjen Kemhan menghadiri Latihan Gabungan Angkatan Bersenjata Rusia

Volgograd-Rusia. Dalam rangka melaksanakan diplomasi pertahanan, Indonesia mengirimkan perwakilan dari Kementerian Pertahanan ke Rusia. Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto S.Sos. mendampingi Sekjen Kemhan, Marsdya TNI Donny Ermawan T., M.D.S. untuk menghadiri Latihan Gabungan Angkatan Bersenjata (AB) Rusia "Kavkaz-2020" yang digelar di wilayah selatan Rusia, pada puncak latihan Jumat (25/9/2020).

Menurut situs resmi Kementerian Pertahanan Rusia, Latihan  Kavkaz-2020 yang berlangsung dari 21/09/2020 sampai 26/09/2020 ini bertujuan untuk mengukur kemampuan tempur Angkatan Bersenjata Rusia dalam menghadapi berbagai skenario. TIdak hanya Rusia saja, kontingen militer dari Armenia, Belarusia, China, Pakistan dan Myanmar turut serta dalam latihan berskala besar ini. Pengamat militer juga turut diundang seperti dari Azerbaijan, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Tajikistan dan Sri-Lanka.

Sementara itu Nikolay Pankov, Wakil Menteri Pertahanan Rusia dalam siaran persnya menyatakan bahwa Latihan Kavkaz-2020 ini merupakan kesempatan yang baik untuk melaksanakan latihan pertempuran skala besar dalam suasana persahabatan serta meningkatkan kerjasama dan kesepahaman antara negara-negara kontingen yang ikut serta dalam latihan. Lebih lajut, Nikolay menjelaskan bahwa Latihan Kazkav-2020 ini merupakan perwujudan dari upaya peningkatan keamanan regional terutama di wilayah selatan Rusia.

Latihan Kavkaz-2020 difokuskan kepada penggunaan taktik pertahanan, operasi serangan gabungan serta taktik dalam pengepungan. Latihan ini juga menekankan pada kemampuan Komandan dan Staf dalam mengontrol jalannya pertempuran. Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, lebih dari 80.000 personel, dengan 250 Tank, 450 APC, 200 unit sistem pertahanan Artileri, 20 Kapal Perang, 80 unit jet tempur, 80 helikopter serta peralatan tempur pendukung lainnya ikut serta dalam latihan ini, serta puncak latihan disaksikan langsung oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Sebelum menuju daerah latihan Proudboy yang terletak sekitar 1000 km dari Moskow, seluruh rombongan Delegasi dari berbagai negara termasuk Indonesia yang menghadiri Latgab AB Rusia diberi kesempatan untuk mengunjungi Hall of Military Glory di Mamayev Kurgan Historical Memorial Complex. Di dalam lokasi ini berdiri patung berbentuk tangan memegang obor yang dikelilingi dengan 34 kain panjang berisi 7200 nama para pejuang yang bertempur dalam Perang Dunia II mempertahankan kota Stalingrad (kini bernama Volgograd). Setiap anggota Delegasi Negara diberi kesempatan melaksanakan peletakan bunga sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan Rusia yang telah gugur demi negaranya.

Sebelumnya, rombongan Delegasi Indonesia berkesempatan mengunjungi Kedutaan Besar RI di Moskow, dan bersilaturahmi dengan Kuasa Usaha Ad-Interim/Wakil Dubes RI untuk Rusia merangkap Belarus, bapak Azis Nurwahyudi. Turut serta dalam Delegasi Indonesia, yaitu Pangkohanudnas, Marsda TNI M. Khairil Lubis. Danpussenkav Kodiklatad, Mayjen TNI Wawan Ruswandi, S.I.P., M.Si. serta Pangkoopsau II, Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P. (Penerangan Kodiklarad)

Read More